Minggu, 14 Januari 2018

Manfaat Kopi Untuk Tanaman


Kebuners suka minum kopi? Kopi, selain untuk teman makan gorengan atau teman santai nongkrong baca buku manfaatnya cukup banyak juga loh, antara lain : mencegah dan mengatasi depresi, meningkatkan memori otak, meningkatkan kinerja dan performa, mencegah penyakit parkinson, tinggi akan kandungan antioksidan dan banyak lagi manfaat kopi yang lainnya. Tetapi dengan catatan jangan berlebihan ketika mengkonsumsi kopi ya :) 

Eiiits, disini kita nggak bahas manfaat kopi bagi tubuh ya, yang akan kita bahas adalah manfaat kopi untuk tanaman kita tercinta. Bukan cuman manusia yang suka ngopi, tanaman juga suka kopi..  Kebuners setelah kopi nya habis, ampasnya diapain? dibuang gitu aja ampasnya? setelah baca tulisan di sini sebaiknya ampasnya jangan dibuang lagi. 


Ampas kopi kandungan nutrisinya cukup dan memadai untuk dijadikan pupuk bagi tanaman. Kadar PH kopi yang rendah (6,9 - 6,2) cenderung asam memiliki kelebihan mempercepat proses pengomposan. Tanah yang mengandung zat kapur (basa) dapat diasamkan dengan ampas kopi.
Untuk informasi tambahan, ampas kopi juga mengandung senyawa  fosfor, potasium, magnesium dan sedikit tembaga artinya itu sudah cukup untuk menyuburkan dan membuat bahagia tanaman kebuners.

Baca juga : Kipahit Tanaman Hebat Penyelamat Petani

Ampas kopi juga bisa jadi pestisida. Ampas kopi yang ditaburkan ke tanah bisa terbukti menghalau siput-siput nakal penggangu tanaman. 
Gimana kebuners, banyak kan manfaat nya. Ayo tetap berorganik. Manfaatkan bahan-bahan yang ada disekitar kita.

Ayo ngopi !


Jangan lupa kunjungi kami di facebook
dan juga instagram


Artikel Terkait

Manfaat Kopi Untuk Tanaman
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email