Jumat, 12 Januari 2018

Tentang Kipahit Tanaman Hebat Penyelamat Petani

https://www.google.com/imgres?imgurl=http%3A%2F%2Fupload.wikimedia.org%2Fwikipedia%2Fcommons%2F5%2F5d%2FTithonia_diversifoliaRHu2.JPG&imgrefurl=http%3A%2F%2Fberkhasiat.web.id%2F1648-tanaman-kipait-kembang-bulan-tithonia-diversifolia%2F&docid=0WWVDFJklrKBvM&tbnid=pIwmPn3bKH_WFM%3A&vet=10ahUKEwiD64jR6bbYAhXMqI8KHXw5CP0QMwh3KC0wLQ..i&w=3072&h=2304&client=firefox-b-ab&bih=666&biw=1366&q=kipahit&ved=0ahUKEwiD64jR6bbYAhXMqI8KHXw5CP0QMwh3KC0wLQ&iact=mrc&uact=8

Hallo kebuners pembaca website kebun kecil dimanapun berada. Sudah taukah kamu dengan tanaman kipahit ( tithonia diversifolia ). Tanaman yang dulunya sering diabaikan tak dianggap dan disangka hanya tanaman rumput gulma pengganggu tak berguna, kini menjelma bagai dewi penyelamat bagi petani yang sedang kesulitan pupuk dan pestisida. Kipahit bisa dimanfaatkan sebagai pengganti pupuk pabrikan karena mudah didapat dan juga murah. Tajuk  batang & daun kipahit yang sering dipangkas akan cepat rimbun kembali.

Daun kipahit dan batangnya bisa dicacah kemudian dijadikan mulsa pengganti mulsa plastik. Jika kipahit dijadikan mulsa, fungsinya pun sama seperti mulsa plastik, mejaga kelembapan tanah bahkan menjadikannya lebih sehat. Memakai mulsa kipahit pun bisa menjadikan tanah lebih gembur dan subur, karena mulsa kipahit dapat  menjadi pupuk unsur hara / makanan bagi tumbuhan, Selain itu juga  tidak meninggalkan sampah yang berbahaya bagi tanah karena terurai dengan baik. Berbeda dengan mulsa plastik yang dapat meninggalkan sampah berbahaya jika menumpuk karena tidak bisa terurai. Dengan memanfaatkan tanaman kipahit kita bisa memepersiapkan masa depan yang cerah untuk pertanian berkelanjutan.

baca juga: Manfaat Kopi Untuk Tanaman



Kipahit juga bisa dijadikan pestisida organik yang cocok menghalau serangan serangga penggangu tanaman, hal ini dapat dibuktikan dengan daunnya yang subur, tumbuh disemak semak tanpa ada bekas gigitan serangga, itu artinya serangga tidak suka dengan aroma dari daun kipahit tersebut.
Apa kebuners tau, bahwasanya daun kipahit mengandung asam palmirat yang bersifat sebagai repellent  dan berpengaruh negatif terhadap sistem saraf serta metabolism serangga. Konsentrasi 50 – 60 g/l sudah efektif dalam mengendalikan serangga hama.

Baca juga : manfaat baking soda untuk tanaman




Untuk pembudidayaan dan perbanyakan tanamannya pun sangat mudah, bisa dengan stek batang ataupun biiji dari bunga kipahit yang sudah kering. Untuk perbanyakan dengan stek, batang kipahit dipotong dibuang daunnya dan kemudian di tancapkan ke tanah. Agar tidak mengganggu pergerakan tanaman lain, kipahit bisa di tanam sebagai pembatas kebun atau ladang.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan di website kami

kunjungi profil kami di instagram  kebun kecil
Dan juga facebook kami kebun kecil
                                                               

Artikel Terkait

Tentang Kipahit Tanaman Hebat Penyelamat Petani
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email