Jumat, 13 April 2018

Cara Menanam Strawberry di Dataran Rendah

Sudahkah kebuners yang tinggal di daerah dataran rendah menanam strawberry? Atau baru hanya rencana menanam strawberry dan masih takut mencoba karena alasan tinggal di daerah dataran rendah?  Awamnya, seperti yang kita ketahui, strawberry adalah tanaman dataran tinggi yang tumbuh di daerah yang memiliki hawa sejuk. 

tanaman strawberry di kebun kecil

Tenang, jangan bimbang, jangan ragu dan jangan takut untuk menanam. Karena semua bisa diusahakan. Bayangkan betapa asyik nya memetik strawberry dengan keluarga hanya dengan berjalan ke halaman rumah kebuners saja.
Di kebun kecil penanaman strawberry dilakukan dengan cara organik.  Pure media organik pupuk kandang, debong pisang, rumput & daun kering , tanah + pasir.  

 


Ilustrasi di atas adalah penyiapan media tanam pada growbed strawberry (dibaca dari bawah ya) 



Pada list media tanam tertulis pasir. Pasir berguna agar media menjadi porous dan tidak becek. Strawberry tidak suka media yang becek tergenang air ya kebuners. 

 

Strawberry merupakan tanaman yang mempunyai ketahanan & adaptasi yang cukup bagus. Secara umum syarat tumbuh yang baik untuk strawberry adalah seperti kondisi iklim berikut : 

  • suhu udara optimum 17 – 20 C dan suhu udara minimum antara 4 – 5 derajat Celcius.
  • Kelembaban udara (RH) 80 – 90%.
  • Penyinaran matahari 8 – 10 jam/hari.
  • Curah hujan berkisar antara 600 – 700 mm/tahun.Ketinggian diatas 1000 M

Nah kan, idealnya strawberry ditanam pada suhu 17-20°c saya tinggal di dataran rendah, suhu di dataran rendah kan berkisar antara 23-33°c jelas strawberry tidak bisa ditanam di dataran rendah!
Eeiits ayo dicoba dulu, kebun kecil juga berada di dataran rendah kok, kunci dari keberhasilan penanaman strawberry di dataran rendah adalah air. Penyiraman pada pagi hari adalah mutlak hukumnya, agar si tanaman strawberry tidak kepanasan pada siang hari.  Ibaratnya si strawberry dikasi uang jajan dulu sebelum panas-panasan agar tidak kecapean hehe..  Penyiraman air di berikan pada seluruh bagian tanaman dan juga media tanam sampai basah. 


Untuk informasi lebih lanjut dan update terbaru dari Kebun Kecil. Silahkan kunjungi kami di facebook dan juga Instagram ya! :)

Artikel Terkait

Cara Menanam Strawberry di Dataran Rendah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email