Minggu, 26 Agustus 2018

Tanaman Herbal Bawang Dayak : Tanaman dengan sejuta manfaat

Tanaman bawang dayak
Mungkin sebagian dari kebuners sudah banyak yang mengetahui dan tidak asing lagi dengan tumbuhan yang satu ini. Namanya adalah bawang dayak (Eleutherine bulbosa) atau juga biasa disebut denganbawang sabrang.
Tumbuhan yang satu ini sangat menyukai tempat terbuka dengan tanah yang mempunyai kandungan humus dan juga lembab. Bawang dayak banyak di temukan di daerah dengan tinggi antara 600 - 1500 m dpl.

Bunga dari tanaman bawang dayak

Bawang dayak memiliki daun berwarna hijau, panjang beralur mirip dengan anggrek tanah. Tanaman ini berbunga bulat dan berwarna putih. Umbi bawang dayak berbentuk hampir mirip dengan bawang merah, yaitu memiliki umbi lapis. Hanya saja untuk struktur umbi pada bawang dayak masih terlihat lebih tebal dan besar daripada bawang merah.

umbi bawan dayak

Bagian pada tumbuhan bawang dayak yang sering  dimanfaatkan untuk obat herbal adalah umbinya. Kandungan kimia pada umbi bawang dayak antara lain adalah : alkaloid, glikosida, flavinoid, fenolik, kuinon, steroid, dan zat tannin.
Untuk zat flavonoid sendiri adalah zat yang berkhasiat sebagai anti kanker

Pemanfaatan ataupun penggunaan umbi bawang dayak bisa dibilang cukup mudah nih kebuners, bisa dengan diolah dengan cara dibikin bubuk agar bisa disimpan lama, untuk kemudian diseduh dengan air panas. Kemudian bisa juga dimakan langsung, setelah dicuci terlebih dahulu. Dapat pula dikeringkan untuk kemudian dimasukkan ke dalam kapsul untuk dimakan. Ada juga yang  menggunakan sebagai obat luar dengan cara digerus diambil patinya untuk obat luka atau bisul.

Bawang Dayak 


Bawang dayak bisa menjadi obat herbal untuk penyakit pada umumnya nih kebuners, antara lain adalah disentri, bisul, luka, kanker mapun kanker payudara, hipertensi, muntah, penyakit kuning, hiperkolesterol, dan sembelit.

Itu tadi sekilas tentang bawang dayak dan manfaat herbalnya, ayo tanam jika kebuners belum punya tanaman bawang dayak, karena manfaat herbal dari bawang dayak ini sangat bagus untuk kesehatan kebuners.


Untuk informasi lebih lanjut dan update terbaru dari Kebun Kecil. Silahkan kunjungi kami di facebook dan juga Instagram ya! :)

Artikel Terkait

Tanaman Herbal Bawang Dayak : Tanaman dengan sejuta manfaat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email