Senin, 10 September 2018

Ayo Berkreasi ! Ide kreatif Pemanfaatan Botol Plastik Bekas : Menara Cacing Skala Tabulampot

Masalah vital pada bumi kita sekarang adalah sampah, terutama sampah plastik seperti botol dan lain-lain yang secara alamiah perlu waktu ratusan tahun untuk mengurainya. Kalau kita tidak peduli dengan masalah ini, sampah akan memenuhi bumi kita dan ruang hidup menjadi terbatas karena desakan sampah - sampah plastik tersebut.  Kebuners bisa kok ikut berpartisipasi meringankan beban bumi kita yang sudah berat karena sampah ini. Caranya? Ada banyak cara sebenarnya, dan Salah satu caranya adalah dengan daur ulang sederhana.
Lantas bagaimana cara mendaur ulang dengan cara sederhana ? Kita bikin worm tower aja yuk.

Jadi, menara cacing atau worm tower fungsinya adalah sebagai komposter. Komposter sendiri adalah alat sederhana untuk membuat kompos. Kompos bisa dibuat atau diolah dari bahan bahan sampah organik dapur. Peranan komposter dari botol ini melindungi bahan organik yang akan dikomposkan agar aman dan tidak berbau dan terlindung dari serangan lalat.

Untuk pembuatan menara cacing skala tabulampot ( tanaman buah dalam pot ) ini, kebuners hanya memerlukan botol bekas dan solder listrik / besi panas untuk membuatnya.


• Siapkan botol bekas ukuran 1500ml , kemudian kebuners lubangi sisi-sisi botol hingga bawahnya.
Siapkan juga sampah organik sisa makanan, atau sisa dapur untuk di masukkan ke dalam menara cacing tadi.


• Kemudian gali tanah di samping tanaman pada pot.
Lalu masukkan botolnya ke dalam tanah yang di gali tersebut




Masukkan sampah orgnanik kedalam menara cacing yang sudah di kubur tadi.



Menara cacing sudah siap.





Kalau botol sudah penuh, kebunera boleh mengeluarkan isinya untuk bisa menjadi campuran media tanam, ataupun juga sebagai pupuk kompos untuk tanaman kebuners.

Apabila kebuners ingin kapasitas wormtower yang besar, botol bisa di sambung menjadi dua sambungan ataupun lebih. Worm tower dari botol bekas ini juga bisa digunakan sebagai lubang biopori, dan bisa ditaruh di halaman belakang ataupun halaman depan kebuners.

Mudah kan untuk membuat nya? Yuk kebuners, coba buat menara cacing ini untuk menyuburkan tanaman kebuners di rumah.


Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan di website kami


Untuk informasi lebih lanjut dan update terbaru dari Kebun Kecil. Silahkan kunjungi kami di facebook dan juga Instagram ya!  :) 

Artikel Terkait

Ayo Berkreasi ! Ide kreatif Pemanfaatan Botol Plastik Bekas : Menara Cacing Skala Tabulampot
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email