Jumat, 14 September 2018

Perbanyakan tanaman secara vegetatif, Penjelasan tentang Perbedaan antara cangkok, stek, okulasi, menyambung dan merunduk.

Sebelum lebih jauh kebuners ketahui tentang perbedaan cangkok, stek, okulasi, menyambung, dan juga merunduk baiknya kebuners ketahui dulu  apa itu perbanyakan tanaman secara vegetatif.
Perbanyakan tanaman secara vegetatif adalah  perbanyakan yang memanfaatkan bagian tertentu dari tanaman, bisa berupa batang, daun, ataupun dahan. perbanyakan tanaman secara vegetatif ini dilakukan  tanpa melalui proses perkawinan atau seksual  tetapi dengan cara tidak kawin atau aseksual .ada dua macam perbanyakan vegetatif, cara alami dan cara buatan. Nah yang akan kita bahas disini adalah cara buatan.

Walaupun memiliki tujuan yang sama yaitu agar mendapatkan bibit atau penerus tanaman yang baik juga sesuai dengan sifat induknya, cara perbanyakan secara vegetatif buatan cangkok, stek, okulasi, dan menyambung tetap mempunyai perbedaan loh kebuners.  Apa Kebuners sudah tau perbedaan antara Cangkok, stek, okulasi dan menyambung? Kalau belum tahu,
Yuk simak penjelasan dibawah ini :




                                 



1. Cangkok.
Apa itu cangkok? . Cangkok adalah cara perkembangbiakan secara vegetatif yang bisa dilakukan dengan cara mengupas bagian kulit pada tangkai/dahan pohon yang hendak dicangkok. Selanjutnya bagian tersebut dibungkus dengan plastik berisi tanah, atau pun sabut kelapa dan diikat dengan tali. Bagian yang tertututp tersebut kemudian disiram agar lembab hingga tumbuh akar, baru setelahnya bisa dipotong dan ditanam. Biasanya bisa memakan waktu sekitar 3-4 minggu agar akar bisa tumbuh sempurna dan hasil cangkokan bisa dipotong kemudian di tanam di media atau tempat lain.

•Tutorial mencangkok bisa kebuners baca disini :
mencangkok dengan cara memanfaatkan gelas bekas air mineral


                                   

2. Stek
Stek adalah cara perbanyakan tanaman vegetatif buatan yang cara pelaksanaannya cukup mudah yakni dengan memotong bagian tertentu dari tumbuhan seperti batang, tangkai ranting atau daun yang kemudian ditanam secara terpisah dari tumbuhan induknya.  Tanaman yang paling umum biasanya distek adalah ubi kayu (stek batang), jeruk (stek batang) dan juga cocor bebek (untuk stek daun) .

•Tutorial stek batang jeruk lemon bisa kebuners baca disini 10 langkah memperbanyak tanaman lemon






3. Okulasi

Okulasi  juga bisa disebut  teknik tempel/menempel. Caranya cukup mudah ko kebuners, hanya dengan menggabungkan mata tunas tumbuhan yang satu pada batang tumbuhan lainnya. Tumbuhan induk yang dijadikan sebagai tempat menempel haruslah tumbuhan yang kuat akarnya dan juga sehat. Tujuan okulasi untuk ini menggabungkan tumbuhan dengan sifat yang berbeda.



             




4. Menyambung
Menyambung atau bisa juga disebut teknik mengenten. yang pelaksanaannya adalah dengan cara menyambungkan bagian tertentu dari dua tanaman berbeda, tapi masih dalam satu famili yang sama. Berbeda bisa juga dalam artian berbeda umur atau berbeda sifat.
 Caranya juga  mudah kok kebuners, yaitu dengan memotong bagian dari tanaman untuk sambungan bagian atas dan tanaman yang lainnya sebagai tanaman yang ada di bagian bawah.

                                   



5. Merunduk
Pada dasarnya merunduk sama dengan stek, tetapi juga ada perbedaannya nih kebuners. Perbedaan yang mencolok adalah upaya merunduk tidak perlu memotong batang terlebih dahulu dan suplai nutrisi dari induk masih tetap ada. Dahan tanaman hanya perlu di rundukkan ke tanah sehingga merangsang pertumbuh akar dan kemudian bisa menjadi tanaman baru yang mandiri dan bisa di pindah dari tanaman indukannya.



           



Yup, sekian dulu penjelasan  Perbedaan antara cangkok, stek, okulasi, menyambung dan merunduk.

Terima kasih sudah membaca

Untuk informasi lebih lanjut dan update terbaru dari Kebun Kecil. Silahkan kunjungi kami di Facebook dan juga  Instagram ya!  :)


Artikel Terkait

Perbanyakan tanaman secara vegetatif, Penjelasan tentang Perbedaan antara cangkok, stek, okulasi, menyambung dan merunduk.
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email