Jumat, 05 Oktober 2018

Mengenal Tanaman Buah Tin Atau Ara

Tin, nama tanaman ini diambil dari bahasa arab  "At-tin" bahasa Indonesia bisa disebut dengan nama "Ara", dan bahasa Inggris adalah "fig"
Tanaman buah Tin atau ara memang sedang naik pamor pada jaman sekarang ini, peminatnya pun banyak. Mulai dari pehobi tanaman, sampai petani dan juga pekebun. Tanaman buah tin muncul dengan predikat "Buah surga" dan "Tanaman yang ada di kitab suci" . Berbagai manfaat juga bisa di dapat dari tanaman buah tin. Mulai dari manfaat buah hingga daunnya.
Tanaman yang 1 family dengan Beringin (ficus) ini mempunyai berbagai macam varietas dengan bentuk daun dan buah yang berbeda.  Harga tanaman buah tin pada saat ini juga cukup terjangkau, dan saya yakin, kebuners  tidak akan susah untuk menemukan penjual pohon buah tin di seluruh daerah di Indonesia. 

Mengenal Buah Tin Atau Ara





Pohon Tin


                                                                 








Klasifikasi ilmiah :

Kerajaan           : Plantae

Divisi                 : Magnoliophyta

Kelas                 : Magnoliopsida

Ordo                  : Rosales

Famili                : Moraceae

Genus                : Ficus

Upagenus          : Ficus

Spesies               : F. carica

Nama binomial : Ficus carica L. (lateks)



Buah Tin

                                                                      






Nah kebuners, Pohon tin adalah termasuk tanaman yang bisa hidup dan menghasilkan buah dimanapun tempat hidupnya, bisa di daerah tropis seperti di Indonesia, maupun di daerah dengan empat musim. Tetapi dengan catatan harus sesuai dengan jenis dan varietas tin itu sendiri. Contoh seperti di Indonesia yang memilili iklim tropis, cocok dengan "common fig type" seperti brown turkey, green yordan, matsui dauphine dan lain lain  bisa tumbuh subur dan berbuah genjah dan lebat. Berbeda dengan "smyrna fig type" jenis yang hanya bisa menghasilkan buah dengan cara polinasi dengan  bantuan fig wasp lebah / serangga yang hanya hidup pada daerah mediterania. Jadi kebuners harus pandai memilih jenis jika kebuners mau menanam pohon tin dan ingin pohon tinnya menghasilkan buah. 

Buah tin sediri dapat dimakan segar, dikeringkan, sebagai bahan tambahan pembuatan kue atau dibuat selai. Buah tin yang sudah dipetik harus segera dimanfaatkan karena tidak dapat disimpan lama (mudah rusak). Di Bengali buah tin diolah sebagai sayuran. Dan untuk daun tin, berupa daun yang sudah dikeringkan, juga bisa dimanfaatkan sebagai teh dengan berbagai macam khasiat herbal untuk kesehatan tubuh.

Perawatan pohon tin terbilang cukup mudah, pemupukan, penyemprotan pestisida organik dan penyiraman harus teratur agar pertumbuhan  tanaman tidak terganggu. Pemangkasan cabang juga perlu untuk memicu pembesaran batang utama (primer) , agar Untuk batang primer bisa kokoh dan kuat.  perbanyakan pohon tin, bisa dilakukan dengan cara stek maupun cangkok.
Untuk cara mengcangkok pohon tin bisa kebuners lihat di sini  mencangkok dengan cara memanfaatkan gelas air mineral


Nah itu tadi sedikit pengetahuan untuk mengenal tentang pohon tin. Mari hijaukan bumi kita, ayo tanam pohon yang banyak, sedekah oksigen, jangan buang sampah sembarangan, mari kita jaga alam kita, kalau bukan kita siapa lagi?
Kebuners berminat untuk menanam pohon tin?
Yuk tanam :)

Terima kasih sudah berkunjung ke website Kebun kecil

Untuk informasi lebih lanjut dan update terbaru dari Kebun Kecil. Silahkan kunjungi kami di Facebook dan juga  Instagram ya!  :)

Artikel Terkait

Mengenal Tanaman Buah Tin Atau Ara
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email